Laman

Kamis, 22 September 2011

Story 3 (Tema Lebaran Tamat)

CERITA SEBELUMNYA

Menurutku, dia malah jadi baby face. Suweeerr!!! Mirip kea cewek mukanya! Ahihi....!
Tapi tangan en kakinya 'ndempal'. Tanya arti kata ndempal pada rumput yang bergoyang!
Dari hasil percakapan, Yatno menyatakan secara resmi kalo dia ga bisa ikut. Horeeee!!! La kok???
Ahirnya aku minta diri!!! Ari juga....

Abis ini aku ga tau mau diajak muter" kemana lagi. Aku nyerah deh!!!
Dan ahirnya hanya bisa pasrah atas kehendak yang ngendarain motor.
Dan aku memilih untuk pura" tidur. Zzzzz!!!!
Me: "Ini mau kemana lagi sih, Ri?"
Ari: "Cari rumah Siti...!"
CARI???? ALAMAAAK!!!
Dan lagi" memencet tombol merah untuk engga tanya orang, walo udah aku saranin untuk tanya.
Ah, kao anggap apa aku ini, Ri?
Lagi" cuma bisa pasraaaaah!!!
"Perasaan sini tadi udah dilewati deh!" aku membatin.
Kapan lingkaran setan ini berahir???
Pasti orang yang ngeliatin bilang "ituh orang dari negara mana? Nyasar ga mau tanya" IYEEEEY!!!! Sukses jadi perhatian orang.

Ternyata dugaanku dari awal emang bener. Ari waktu itu emang gajelas!
Penyakit erornya kambuh!
Sebenernya gapapa keliling", diputer"in, diajak panas"an, diajak bingung"an. Asyik" aja.
Cumaaan aku berat dibensin doang. Huekekekeh!!!
Dua liter buat muter"? Yasudahlaaaah!

SELAMAT BERKELILING RIA, TEGUH!

Ari sebenernya bukannya lupa letak rumah Siti dimana, dia cuma ga inget aja. Halah!
Saat itu juga aku SMS ke Munawir, dia bales tanya "Rumah Tini sebelah mana?"
Aku jawab "Ga tau, aku juga blom pernah kesana", trus dia bales mau nunggu dirumahnya Ratno aja.
Ratno rumahnya juga Mantingan. Okelahkalobegitu!

Dan, ahirnya Ari nyerah juga!
Langsung tancap gas menuju Mantingan City.
Saat itu juga plong sudah rasanya!
Alhamdulillah yah!
_______________

(google maps)
Dari Dadung Village lurus terus kearah barat, ngelewati jembatan Dadung, masih lurus terus.
Lewat PLN masih lurus, sebelum POM bensin berhenti.
Nah, disitu perempatan Mantingan. Kami ambil kekanan dan masuklah ke jalanan ga berprikemulusan.
Jalanannya lumayan mengancam keselamatan jiwa penggunanya.
Penuh lobang" menganga.

Tiba dipertigaan belok kiri.
Wushh!!! Tanpa firasat apapun.
Aku udah bisa ngerasain ada yang ganjil. Apa ya?
Saat itu juga musnah sudah segala hal indah yang tadi aku rasain.
Berhenti depan rumah penduduk, yang dimana ada bapak" yang lagi buat batu bata.
Dia milih langsung nelpon Tini. (tumben pinter)
Mending kalo begitu dikasih patokan jalan langsung ngeh.
Secara, sesudah kami jalan lagi, dari tadi engga nyampe" juga! Hausahhhhh!!!
Pinternya bentar doang!

Jadi pengen nyanyi:
"Dimanaaa...Dimanaaa...Oh dimana...?
Kesana kemari membawa alamat...." (Source: Alamat Palsu)

(25 Menit Kemudian)
"Sebodo, Ri! Terserah aku mau dibawa kemana.
Langsung berhalusinasi dan nyanyi:
"Mau dibawa kemana hubungan kita....Jika kau terus menunda-nunda....Tanpa ada nyatakan cinta"
Etekeweerr!!! Asselole!!!! Hahahihi!

Ahirnya tanya lagi ama ibuk".

Ari: "Bu, permisi! Rumahnya Sutini dimana ya?"
Ibuk: "Sutini? Engaa tau, Dek" *ala kadir*
Ari: "Kalo Lasmini?"
Ibuk: *belum sempet dijawab*
Ari: "Rianingsih?"
Parah kao, Ri! Ga ngasih kesempatan buat njawab udah ditanyai lagi.
Ibuk: "Oh! Itu kali, yang mau nikah besok. Namanya Ningsih!"
Aku cuma diem en ngliatin mereka!
Kea lagi nonton pilm 70an. LIVE!! Wuahahaha!
Jahat banget ga sih? Bodo amat!
Aku pusing samasekali! Xoxoxo....

Merambat lagi keatas, ada dua cewek yang lagi jalan. Timbullah hasrat bertanya. Sumpah! Hari itu aku jadi bakat bertanya.

Me: "Mbak, tau rumahnya Sutini?"
Mbak: "Sutini? Itu rumahnya."
Me: "Ini? Trims!"
Jiwaku terang, hatiku tenang begitu denger rumah yang mau dituju ada didepan mata.
Musnah sudah kekhawatiran yang pernah ada.
Tapi, si Ari malah pasang muka aneh!
Why??? Dia ga seneng keanya.
Ada apa ini???
Aku juga agak aneh sih sebenernya, kata Sutini motor Mio-nya ditarok depan rumah. Nah ini ga ada!
Ahirnya aku nemu keputusan sendiri, tanpa persetujuan dari Ari kalo tuh cewek boongin aku!
GLEK!! Big nooo!
Atau ini rumah yang punya sutini tapi beda orang. Maybe.

Jadi, siang itu sekitar jam sebelas lewat kami masih terlunta-lunta ditengah desa yang amat sangat strategis. WOW!
Tit! Tit! Tit!
Tiba" ada SMS masuk dari Supadno.
Dia tanya "udah poto" blom?"
Aku jawab aja "Gimana mau poto", lha wong ini aja blom nyampe. Nyasar nih."
Dia bales lagi "Emang blom tau rumahnya?"
Aku jawab lagi "kalo tau engga bakalan nyasar kali, kang!"
Abis itu hening! Sepi.
Trauma nanya mulu, entar dapet rumah Sutini-Sutini yang laen lagi. Menghindari kekacauan.

JUJUR! BARU KALI ITU AKU DISASARIN TEMEN SENDIRI.

Ya Alloh, cobaan ini terlalu berat! (lebay ga sih?
Tit! Tit! Tit!
Diatas motor ada SMS dari Supadno, dia SMSin peta jalan secara detail.
"Mulai dari pertigaan ambil kanan, lurus terus. Nanjak.
Ada tugu gambar TERATAI ambil kanan."
Tapi, Ari malah belok kiri. PINTAR!
Penyakit eror menyerang lagi, lebih ganas.
Hah! Aku ngomel sejadi"nya.
Tobat ala tobaaat!! Punya temen satu aja gini amat yah! Ahahahahahaha! *ketawa depresi*

Semangatku yang tadinya merah sekarang udah kehitaman.
Pengen rasanya balik pulang, trus kalo ditanyai Sutini kenapa ga datang! Aku bilang "kambingku tadi blom ku buatin susu".
Kira" dia bisa ngerti ga yah? Argghh!!!

Mungkin udah duajaman aku terasing disana. Tanpa kepastian, galau, gamang, bingung, kesel, sedih, capek, kepanasan.
Oh, lengkap sudah hidupku!
Gada usaha yang sia". Setelah berjuang melawan terik matahari dan bertanya setiap ada orang yang mau ditanyai.
Plus juga budi baik Supadno yang ngasih 'Tips Cepat Sampe Rumah Sutini", dan ga lupa juga berdoa. Sampelah juga pada tempatnya.

'AKHIRNYA SAMPE JUGA' ini yang kubilang sebagai pemuasan otak yang menggambarkan ketenangan luar biasa, karna udah mendarat selamat dirumah Tini.
Alhamdulillah yah!
Kalo diliat", wilayah sini tadi udah dilewati. Hahaha! Namanya juga orang lagi eror. Konsentrasi terpecah-belah.
Aturan tadi minum MIZONE dulu, BIAR PIKIRAN DAN SEMANGAT BALIK LAGI!
#Ngiklan
Tobat ala Tobaaat! Ga lagi" deh nyasar yang ternyata emang ga menyenangkan.
Tapi, dibalik itu semua ada hikmahnya, yaitu jadi tau seluk beluk desa Mantingan.
Kapanlagi coba bisa ngerasain kesasar disana? Xoxoxo!!

Baidewei, Munawir udah sampe.
Si Jaenal malah udah nyampe sedari tadi katanya.
Walo tadi dia SMS juga nyasar di kuburan BARAN. Entah itu dimana!
Apa aku kualat udah ninggalin dia waktu brangkat tadi pagi?
Maap ya Nal...!!! *sujud*
Setidaknya kalo berangkat bareng kan udah sampe juga!
Begitu masuk rumah, aku langsung numpang ke kamar mandi buat cuci muka yang aku yakin pasti kucel kea baju abis diinjek-injek. Kebayang kan?
Trus aku duduk manis makan cemilan sambil ngobrol en liat tipi. Nyeritain perjuangan hidup yang barusan aku alami.
Abis itu dateng juga Tari ama adeknya, Puji.


Sesuai adat kebiasaan, aku cobain semua jenis makanan disana. Beragam aneka! Lengkap ama es rasa anggur.
Ada satu makanan yang baru aku tau, bentuknya kecil padet, tapi rasanya kaya ikan asin.
Oh, ternyata bener! Bahan dasarnya dari ikan asin. Ayak ayak wae!
Walo agak amis tapi overall enak!

Karna ada acara laen, Munawir pergi setelah ngabisin sebatang rokok dan setoples biji nangka. Haha, engga layah!

Si Ari yang gak sabaran pengen liat Ria dan Lasmini, mengharuskan aku dan temen" yang laen mengikuti kemauannya pergi kerumah mereka.
Tanpa Jaenal, dia gamau pergi.
"Toh, sekalian jalan-jalan" pikirku.
Sebelum pergi aku bilang "Tunggu ya makanan, aku pasti kembali"

Aku pikir rumah Ria cuma dengan jalan kaki cepet nyampe, dan ternyata naek motor aja lamanyaaaaa.
#SalahPrediksi
Jalanannya aku kasih jempol sembilan deh. ALAMI BANGET rusaknya.
Kea jalanan belum jadi, berceceran batu" pengancam keselamatan.
Plus ngelewati hutan jati nan rimbun yang teriak" bersetubuh dengan angin.
Oh, kasiaaaaan!

"Udah nyampe nih?"
"Udah..!"
Setelah dipanggil" gada yang jawab, pengen sih pake pengeras suara , tapi takut disangka tukang sampah keliling.
"Oooo....Orangnya dirumah Las!" sabda tetangganya.
Las? Siapa Las? Otakku berpikir keras. Oh! Lasmini....
Dan artinya, mengharuskan melanjutkan perjalanan lagi kebarat. Rumahnya paling ujung, pinggir bengawan.
Begitu dateng ternyata eh ternyata, mereka lagi mau mandiin anak"nya.
ORANGTUA YANG BAIK!

FYI: Lasmini dan Ria udah punya anak masing" satu ekor. Mirip lagi. Aku pikir anaknya kembar, dari ibu yang berbeda.

Yang paling hiper ya Tari, dia mungkin masih engga percaya kalo Ria udah merit, punya anak lagi.
Padahal umurnya sepadan, serupa, semacam.
Keliatan kok dari caranya mengekspesikannya lewat bicara en kehebohannya.
Ditengah" obrolan, si Janti SMS ke Tari yang berisi kalimat suruhan untuk dijemput di BANGJO Mantingan.
Nah, si Ari langsung 'siap grak' menjemput sang adinda. Ahaha.
Trus dibales ama Tari "Iya Non. Dijemput ama Pangeranmu ya."

Ga inget siapa yang keluar suara duluan, entar baliknya si Ari suruh beliin bakso. Aku tau itu cuma bercanda.
Lalu kita semua balik ke rumah Tini dengan formasi yang sama, aku dibelakang motor Tini. Coz, aku blom apal jalannya.

Begitu balik, Jaenal terkulai lemas tak sadarkan diri didepan tipi, keanya dia overdosis 'keripik', ato mabok es anggur? Entahlah!
Moga gak nyasar lagi dialam mimpi. Semoga.

Tit! Tit! Tit!
Hapeku bunyi menandakan ada inbox.
Dari Supadno "Aku request potonya Las ama Ria, Guh! Sori ga ikut dateng. Masih diperjalanan soalnya. Salam ama temen" yang lain, sampein juga beribu" maaf. Salam persahabatan" (resmi banget)
Ga aku bales, cuma bilang "OKE!"
Btw, pulsaku sekarat buat nelpon berkali-kali tadi pas nyasar.

Suasana udah agak renggang, udara juga udah panas. Semua keliatan lemeeees!
Untuk menghalau itu semua aku nontom tipi yang acaranya "Ahirnya Datang Juga".
Sumpah! Kocak banget pas bagiannya Vincent.
Ngakak gue!
Disitu dia berperan jadi istri dari suami yang lagi dipenjara.
Natural banget lawakannya.
Sampe dibelain rok yang dipake ngebuka. Sengajaaa.
Dan yang ternyata, suaminya itu pria kemayu! Wkwkwkwk!!! *ketawa gila*

Pas si Janti dateng ama Pangeran Ari, aku pura" tidur. BLEK SHET!!!
Damn! Rasanya ada yang nglempar cemilan kena pipiku.
Sumpah! Lumayan sakit. Niat banget tuh orang. Pelempar pasti kebanyakan maen Bisbol kali tuh.
"Engga aku loh!" si Janti membela diri.
Dideketnya ada Tari yang ketawa terpingkal-pingkal. Darisitu aku tau kalo pelakunya adalah Tari.
Ok, aku ampuni kau! Engga karna dia cewek, tapi karna emang aku orangnya pemaaf. Tepok tangaaan!!!

Surprise!!! Ari dateng dengan membawa dua kantong plastik item isi bakso. Alhamdulilah yah!
"Tadi bercanda doang loh!"
Si Jaenal aku bangunin dengan penuh kesabaran.
Pas suasana mulai mencair, datanglah Las, Ria en Mujiati. Ketiga orang ini udah pada punya anak.
Kalo bahasa bebasnya mereka ibuk-ibuk.
Jadi, aku, Jaenal en Ari ngerasa kea lagi ada ditempat arisan ibuk" se-RT. Hasssh!!!
Aku lebih milih nyetel mp3 dihape Jaenal. Lagu" dari Bondan Prakoso perang ama kegaduhan mulut kaum hawa.
Sampe tibalah saatnya makan bakso rame".
Semua asyik dengan isi piringnya masing! Menghayati disetiap suapan.

Abis makan aku ke belakang, entah berapa kali aku keluar masuk kamar mandi.
Sampe" Jaenal bilang "Seneng amat ke kamar mandi, Guh?"
Langsung kujawab dengan banyolan "abis suara aer sanyonya bagus sih. Betah deh"
Belom ilang pedes yang nempel dilidah, udah ngemil lagi dengan alasan bisa ngurangin rasa pedes.
Ngurangin isi toples sih iya. Huehehehehehehehe!!
Aku baru inget punya amanat kalo Supadno minta foto Ria dan Las.
Aku pun eksyen lagi "Pengumuman! Tadi saodara Padno minta kita poto", dimana tempat yang bagus?"
Gada tempat special.
Mau ga mau acara poto" dilakukan didepan rumah. Gapapa deh!
"ARE YU REDIIY.........???? Aku niruin Wahyu, pemaen di Sinetron Pesantren Rock'n Roll. Gayanya juga aku praktekin. Pede dahsyat.

Lagi" aku berjasa sebagai tukang poto.


Daptar nama sesuai tata letaknya: dari kiri;
1. Nyonya tuan rumah, tante Tini. Ahihi...!
Si gadis kalem yang menghormati orangtua banget.
2. Yang ngumpet, Ratu Tari.
Dia rajanya desa Mbedug. *kabooor*
3. Si pipi tembem, Adinda Janti. Gebetannya si Ari. Katanya....! Maybe yes maybe no!
4. Yang pake seragam resmi Zebra, Mujiati. Dulu waktu SMP jadi artis kelas karna hobinya nyanyi. Pernah waktu pelajaran kesenian, lagu nasional diolah jadi lebih ngePOP. Wkwkwkwk!!!
5. Ria, orangnya supel. Gak neka-neka.
6. Lasmini, dulu murid baru. Tinggal sedesa ama Ria. Pemalu.

Finally, dengan berpotoria jadi akhir acara dari seluruh rangkaian acara.
Cukup sekian dan terima cium pipi kanan dan pipi kiri.
Hari juga udah sore, waktunya kembali ke habitatnya masing".

Pokoke, hari itu hari paling sial dan lumayan mengesankan dalam hidupku. Plus menyenangkan banget.
"Manis asem asin, itu permen NANO-NANO!"
Dadah...!

Faktanya:

  • Percakapan yang sebenernya pake bahasa Jawa.
  • Kami tinggal di Ngawi, Jawa Timur, Indonesia.
  • Pulangnya aku boncengin Tari karna searah.
  • Aku hampir nyebur got gara" mau jemput Tari. Penyebabnya motorku kepleset kerikil. Dan ditolong ama banyak orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar